IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN ASSURUUR KABUPATEN BANDUNG

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN ASSURUUR KABUPATEN BANDUNG

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Bandung, 20 Juni 2023

Penerapan atau implementasi sistem informasi akuntansi di pesantren adalah rangkaian kegiatan terakhir pada pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Modern Assuruur Kabupaten Bandung yang bertujuan untuk membantu meningkatkan akuntabilitas dalam tata kelola pesantren di Indonesia. Kegiatan pertama dan kedua yang telah dilakukan sebelumnya adalah sosialisasi dan workshop Sistem Informasi Akuntansi Pesantren. Pada tanggal 20 Juni 2023, dilaksanakan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi dengan menggunakan software bernama SANTRI. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan yayasan, kepala sekolah asrama, guru dan staf administrasi. Implementasi dianggap penting sebagai tindak lanjut dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Hasil acara ini memperoleh tanggapan dari peserta secara total 81,46% setuju dan sangat setuju bahwa pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan, berguna, dapat dimengerti, diadakan pada waktu yang tepat dan dengan pelayanan yang baik dari tim panitia. Implementasi dengan menggunakan software ini dapat berguna untuk menyajikan laporan keuangan secara real time. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus pesantren sebanyak 30 orang di pondok pesantren modern Assururr Kabupaten Bandung.

Kegiatan abdimas dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Telkom yaitu Hilda SE., MSi., Ak., CA., CPA, Tri Utami Lestari., SE., M.Ak   Ruri Octari Dinata., SE., MSA, dan Cut Rizkiya Syahputri. Materi yang diberikan adalah implementasi mengenai sistem informasi akuntansi pesantren menggunakan software SANTRI yang dikembangkan oleh Bank Indonesia mengacu pada buku pedoman akuntansi pesantren Indonesia (PAPI). Pesantren dapat memanfaatkan sistem informasi akuntansi demi mendukung digitalisasi yang telah berkembang pesat saat ini. Uraian kegiatan ini adalah sebagai berikut. Pertama yaitu overview mengenai dua kegiatan sebelumnya yaitu sosialisasi sistem informasi akuntansi pesantren dan workshop sistem informasi akuntansi pesantren, selanjutnya adalah kegiatan implementasi dengan melakukan demo software SANTRI.

Implementasi sistem informasi akuntansi pesantren di pondok pesantren modern Assuruur kabupaten bandung yang dilakukan pada tanggal 20 Juni 2023 ini dibuka langsung oleh pimpinan pondok pesantren Assururr yaitu Bapak KH Nurbayan, S.Pd., M.Ag. Untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan fasiltas berupa E-Certificate, dan materi serta yang berpartisipasi aktif dalam diskusi mendapatkan doorprize berupa pulsa dan pengisian saldo shopee-pay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *