PELATIHAN DAN EDUKASI LITERASI KEUANGAN MELALUI YAYASAN GRIYA SODAQO INDONESIA PADA ISTANA YATIM DAARUL ADZKAR

PELATIHAN DAN EDUKASI LITERASI KEUANGAN MELALUI YAYASAN GRIYA SODAQO INDONESIA PADA ISTANA YATIM DAARUL ADZKAR

Bandung, 6 Juni 2023

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Yayasan Griya Sodaqo Indonesia merupakan salah satu yayasan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Yayasan ini menaungi beberapa panti asuhan, sehingga anak-anak yatim di dalamnya dapat menjadi masyarakat mitra sasar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Istana Yatim Daarul Adzkar Kota Bandung. Belum banyak anak-anak yang memiliki kemampuan dan keyakinan mengenai literasi keuangan. Hal ini menjadi peluang dalam mengadakan pengabdian masyarakat di bidang literasi keuangan. Literasi keuangan memiliki tujuan jangka panjang yakni menambah wawasan dan dan kemampuan literasi anak-anak dan meningkatkan kesadaran mereka mengenai kehadiran lembaga keuangan yang ada di masyarakat. Pelatihan mengenai literasi keuangan diperlukan agar anak-anak yatim memiliki pengetahuan yang memadai mengenai literasi keuangan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan memberikan pelatihan kepada anak-anak yatim di panti asuhan di bawah Yayasan Griya Sodaqo Indonesia yang akan melakukan pengabdian masyarakat yang akan berfokus pada literasi keuangan. Istana Yatim Daarul Adzkar merupakan panti asuhan yang sesuai karena masyarakat sasar yang sudah ada di bangku sekolah sehingga diharapkan dapat menerima pelatihan dengan baik. Istana Yatim Daarul Adzkar Kota Bandung berada di bawah Yayasan Daarul Adzkar Nusantara yang berdiri tahun 2013 yang mana berfokus untuk memberikan tempat tinggal yang layak, pengasuhan yang profesional, pendidikan agama, formal dan informal untuk anak-anak yatim, piatu dan dhuafa. Yayasan Daarul Adzkar Nusantara memiliki visi membentuk kader muslim berakhlak Qur’ani yang sanggup menghadapi tantangan zaman. Sesuai dengan visinya, yayasan ini sesuai dengan tujuan pengabdian masyarakat Universitas Telkom yakni memberikan pelatihan edukasi dan literasi keuangan sehingga diharapkan anak-anak ini mampu menghadapi masa depan.

Kegiatan Abdimas kali ini dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Wahdan Arum Inawati, S.E., Ak., M.Ak., Ruri Octari Dinata, S.E., MSA., dan Hilda, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari Prodi Akuntansi, yakni Arifah Hilmi Alrasyid dan Muhamad Husain Fauzi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 9 Juni 2023 pukul 15.30-18.00 WIB yang diikuti oleh kurang lebih 23 peserta di Istana Yatim Daarul Adzkar, Bandung. Materi pelatihan yang diberikan berupa penyuluhan mengenai produk keuangan dan lembaga keuangan. Sebelum itu, ada pemutaran video mengenai sejarah uang sebelum pemateri menyampaikan materi. Sebelum dan setelah materi, ada pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan peserta. Setelah mengikuti penyuluhan, peserta mengisi kuesioner yang dibagikan sebagai bentuk evaluasi. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan peserta yang terdiri dari anak yatim piatu di Istana Yatim Daarul Adzkar Bandung memiliki pengetahuan di produk dan lembaga keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *