[:en]Pelatihan Administrasi dan Pembukuan Bagi Stakeholder Pasar Tradisional[:]

[:en]Pelatihan Administrasi dan Pembukuan Bagi Stakeholder Pasar Tradisional[:]

[:en]Telah dilaksanakan program pengabdian masyarakat pada hari selasa tanggal 12 November 2019. Dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung berserta jajarannya, serta turut hadir juga pengelola pasar dan pedagang pasar tradisional di Kabupaten Bandung. Antusiasme yang sangat luarbiasa dan semangat untuk melakukan perubahan dari kalangan pemerintahan dan para pedagang pasar menjadi energi tersendiri bagi kami sebagai pemateri di program pengabdian masyarakat kali ini.

Semangat yang sangat tinggi dari peserta selama acara berlangsung mengartikan bahwa kebutuhan mereka akan ilmu baru dan pencerahan baru terkait administrasi keuangan dan bisnis yang dijalankan sangatlah diperlukan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester oleh tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom sebagai pemenuhan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, yang salah satu unsurnya adalah Pengabdian kepada Masyarakat.

Melihat dari situasi saat ini dilapangan ialah harus terjalinnya komunikasi yang baik antara pemerintahan atau birokrat dengan pengelola dan pedagang pasar itu sendiri demi tercapainya tujuan bersama, yaitu memajukan kembali pasar tradisional sebagai pusat ekonomi masyarakat di seluruh wilayah kabupaten bandung. Jika kerjasama ini tidak berjalan dengan baik maka tidak disangkal pula jika pasar tradisional akan mulai tergeser keberadaannya oleh pasar modern.

Perlunya banyak perubahan mulai dari infrastruk pasar, sistem yang dijalankan, kemudahan akses, dan kebersihan sebagai pemikat utama agar masyarakat senang berbelanja ke pasar tradisional. Hal ini yang harus mulai dirubah dan ditanamkan bagi seluruh stakeholder yang terlibat.

Kami mengusung tema Pengabdian Masyarakat kali ini adalah “Pelatihan Administrasi dan Pembukuan Bagi Stakeholder Pasar Tradisional.” Dengan tujuan untuk membantu para pedagang dan pengelola pasar dalam hal pembukuan keuangan bagi kegiatan usahanya. Kami memberi materi yang sederhana agar dapat dengan mudah dipahami oleh para pedagang dan pengelola, kami juga melakukan praktek langsung atau latihan dalam penyusunan laporan keuangan.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh stakeholder terkait dan dapat langsung di implementasikan pada kegiatan usahanya, sehingga para pedagang bisa mendapatkan bantuan pembiayaan dan tidak mengalami kesulitan lagi dalam hal permodalan untuk mengembangkan usahanya. Semoga tujuan besar nya dapat tercapai yaitu pasar tardisional dapat bersaing sehat dengan pasar modern dan masyarakat tidak meninggalkan pasar tardisional dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga para pedagang pasar tradisional bisa terus hidup dan mengembangkan usahanya.

-AN-[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *