[:en]Pelatihan Administrasi Pembukuan Bagi Stakeholder Pasar Tradisional Di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat[:]

[:en]Pelatihan Administrasi Pembukuan Bagi Stakeholder Pasar Tradisional Di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat[:]

[:en]Telah dilaksanakan program pengabdian masyarakat di Pasar Batujajar Kab. Bandung Barat pada hari rabu tanggal 1 Mei 2019. Kegiatan ini dilaksanakan kali kedua oleh tim kami, yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2016. Antusiasme yang semakin meningkat dan semangat untuk terus belajar dari para pedagang pasar menjadi energi tersendiri bagi kami sebagai pemateri di program pengabdian masyarakat kali ini.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester oleh tim dosen sebagai pemenuhan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, yang salah satu unsurnya adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Melihat dari fenomena yang terjadi saat ini ditengah masyarakat yaitu ketatnya persaingan pasar tradisional dan pasar modern, menjadi tantangan tersendiri bagi para pedagang pasar tardisional untuk melangsungkan usahanya. Perlunya strategi perdagangan dan pembiayaan modal sering menjadi hambatan bagi berlangsungnya usaha, selain itu banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pedagang jika ingin meminjam uang ke Bank atau Koperasi. Maka dari itu kami ingin membagikan ilmu yang kami miliki di bidang Akuntansi untuk membantu para pedagang menghadapi kesulitan tersebut.

Kami mengusung tema Pengabdian Masyarakat kali ini adalah “Pelatihan Administrasi Pembukuan Bagi Stakeholder Pasar Tradisional Di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.” Dengan tujuan untuk membantu para pedagang dan pengelola pasar dalam hal pembukuan keuangan bagi kegiatan usahanya. Kami memberi materi yang sederhana agar dapat dengan mudah dipahami oleh para pedagang, dan kami melakukan praktek langsung atau latihan dalam penyusunan laporan keuangan.

Acara yang dihadiri kurang lebih 50 orang peserta dari para pedagang pasar Batujajar dan Pengelola Pasar Batujajar. Antusiasme yang sangat tinggi dari peserta selama acara berlangsung mengartikan bahwa kebutuhan mereka akan ilmu baru dan pencerahan baru terkait administrasi keuangan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh stakeholder terkait dan dapat langsung di implementasikan pada kegiatan usahanya, sehingga para pedagang bisa mendapatkan bantuan pembiayaan dan tidak mengalami kesulitan lagi dalam hal permodalan untuk mengembangkan usahanya. Dan juga tujuan besar nya tercapai yaitu pasar tardisional dapat bersaing sehat dengan pasar modern dan masyarakat tidak meninggalkan pasar tardisional dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga para pedagang pasar tradisional bisa terus hidup dan mengembangkan usahanya.[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *