WORKSHOP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN ASSURUUR KABUPATEN BANDUNG

WORKSHOP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN ASSURUUR KABUPATEN BANDUNG

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Pesantren dapat dikatakan sebagai bentuk penyelenggaraan pendidikan pribumi tertua khas Indonesia. Hingga saat ini pesantren tetap menunjukkan eksistensi dari waktu ke waktu. Berbagai dinamika tantangan dilalui oleh penyelenggara pesantren, termasuk pengelolaan keuangan. Keunikan penyelenggaraan pendidikan dan upaya pemenuhan kemandirian ekonomi merupakan tantangan tersendiri bagi penyelenggara pesantren. Berbagai jenis dana seperti wakaf, infak / sedekah, berbagai bantuan, iuran orang tua santri, dan lainnya menjadi sumber penyelenggaraan pendidikan di pesantren. Sebagai lembaga pendidkan berlatar belakang agama Islam, prinsip akuntabilitas dalam menyelenggarakan aktifitas pendidikan di pesantren menjadi perwujudan sikap amanah yang harus dijunjung tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini membantu Pesantren untuk mencapai prinsip akuntabilitas melalui pelatihan penyusunan laporan keuangan.  Pesantren diharapkan mampu secara mandiri menyajikan informasi keuangan baik secara manual maupun dengan teknologi hingga dapat menghasilkan laporan keuangan secara real time. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan secara bertahap. Setiap tahapan merupakan rangkaian utuh untuk menuju penyelenggaraan keuangan Pesantren yang mandiri dan memenuhi prinsip akuntabilitas melalui digitalisasi. Kegiatan pertama telah berjalan pada tanggal 25 Maret 2022, berupa Sosialisasi Sistem Informasi Akuntansi Pesantren. Pada kegiatan tersebut, penyelenggara pesantren diperkenalkan akan aturan-aturan yang mendasari pelaporan keuangan pesantren dan bagaimana sebuah sistem informasi berperan dalam proses pelaporan keuangan. Saat ini, rakngkaian pengabdian masyarakat memasuki tahap kedua yang telah berlangsung pada tanggal 4 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus pesantren sebanyak 22 orang di pondok pesantren modern Assururr Kabupaten Bandung.

Kegiatan abdimas dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Telkom yaitu Ruri Octari Dinata., SE., MSA, Tri Utami Lestari., SE., M.Ak, Hilda SE., MSi., Ak., CA., CPA dan Siti Nurazizah Trihapsari. Materi yang diberikan adalah workshop mengenai sistem informasi akuntansi pesantren dimana dalam mempermudah penyusunan laporan keuangan, pesantren dapat memanfaatkan sistem informasi akuntansi demi mendukung digitalisasi yang telah berkembang pesat saat ini. Uraian kegiatan ini adalah sebagai berikut. Pertama dipaparkan kembali materi pada tahap sebelumnya yaitu komponen dari sistem informasi akuntansi berupa: (1) menyusun Chart of Account (COA), (2) mencatat transaksi secara kronologis ke dalam formular JURNAL, (3) proses posting ke dalam formular Buku Besar, (4) summary dari saldo Buku Besar dinamakan Neraca Saldo, dan (5) menyusun Laporan Keuangan (Laporan Posisi Keuangan; Laporan Perubahan Aset Neto; Laporan Arus Kas; dan Catatan atas Laporan Keuangan).

Workshop sistem informasi akuntansi pesantren di pondok pesantren modern as suruur kabupaten bandung yang dilakukan pada tanggal 4 November 2022 ini dibuka langsung oleh pimpinan pondok pesantren Assururr yaitu Bapak KH Nurbayan, S.Pd., M.Ag. Untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan fasiltas berupa E-Certificate, dan materi serta yang berpartisipasi aktif dalam diskusi mendapatkan doorprize berupa pulsa dan pengisian saldo shopee-pay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *