[:en]Program Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom Di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka [:]

[:en]Program Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom Di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka [:]

[:en]Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom yang bekerjasama dengan Pengelola Pasar Sehat Sabilulungan, Cicalengka. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka.

Kegiatan atau program pengabdian kepada masyarakat ini sudah rutin dijalankan setiap semester oleh kami sebagai pendidik untuk melaksanakan salah satu kewajiban tridharma perguruan tinggi. Terdapat dua kewajiban lainnya yang harus dipenuhi oleh pendidik selain pengabdian dalam tridharma perguruan tinggi yaitu Pengajaran dan Penelitian. Hal ini menjadi aksi nyata untuk kami dapat berkontribusi secara langsung dalam mengabdikan diri dan ilmu yang kami dapatkan kepada seluruh masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Bandung.

Melihat dari fenomena yang terjadi saat ini dan kebutuhan informasi bagi para pedagang terkait ilmu akuntansi ditengah ketatnya persaingan harga dan keterbatasan pendanaan modal, pada kesempatan ini kami mengusung tema “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelola dan Pedagang Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka”.

Pelatihan yang kami laksanakan bagi para pedagang ialah menggunakan metode presentasi dan pengerjaan modul. Para pedagang diajarkan bagaimana melakukan pembukuan yang tepat dan benar dalam proses bisnis nya. Karena banyak ditemukan hingga saat ini, para pedagang yang belum mengetahui cara pencatatan seluruh transaksi bisnisnya dengan baik dan benar sesuai aturan akuntansi. Seperti yang kita ketahui semua bahwa pencatatan dan pembukuan itu sangat penting bagi proses bisnis, karena dari pencatatan tersebut kita bisa mengetahui berapa asset yang kita miliki, berapa banyak hutang yang harus kita bayar, dan bagaimana arus kas dalam usaha kita. Jangan sampai usaha kita malah gulung tikar karena hutang yang lebih besar dari pada pendapatan nya. Dan hal tesebut tidak diketahui oleh para pedagang karena tidak tertib dalam hal pencatatan.

Pencatatan dan pembukuan yang baik dan benar pun dapat menjadi syarat dalam pengajuan kredit untuk modal usaha ke bank atau koperasi. Karena Lembaga yang memberikan pinjaman harus mengetahui kondisi usaha kita, sehingga kita dianggap mampu untuk dapat membayar cicilan nya atau tidak.

Semoga hal yang mendasar dalam ilmu akuntansi ini dapat diterapkan oleh para pedagang pada aktifitas usahanya setiap hari, sehingga usaha mereka dapat lebih maju dan berkembang. Semoga pasar-pasar tradisional di seluruh Indoensia dapat terus tumbuh dan berkembang, ditengah persaingan dengan pasar-pasar modern yang semakin ketat. Kami yakin dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah, komitmen dan partisipasi aktif dari para stakeholder tujuan pengembangan pasar tardisional dapat tercapai, dan pasar tradisional pun tetap dicintai oleh masyarakat.

[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *