[:en]PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN STANDAR  DI SMK NU LANGGENGSARI BANJAR[:]

[:en]PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN STANDAR DI SMK NU LANGGENGSARI BANJAR[:]

[:en]Banjar, 4 September 2018

Ukuran kinerja setiap entitas bisnis dapat dilihat dari catatan akuntansi. Berbicara catatan akuntansi atau lebih dikenal dengan laporan keuangan. Laporan keuangan yang disusun harus sesuai dengan standar yang berlaku atau sesuai dengan aturan yang ada dari setiap negara. Standar akuntansi keuangan di dunia ada dua kubu, yaitu International Finacial Reporting Standard (IFRS) dan Generally Accepted Accounting Principles (GAAP). Sebagian besar negara amerika utara menggunakan GAAP yang biasanya disebut dengan US GAAP. Sedangkan IFRS sendiri digunakan atau diadopsi oleh lebih banyak negara, seperti Australia, Canada, Uni Eropa, India, Jepang dan lain-lain.

Indonesia melalui Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengadopsi IFRS untuk dalam mengatur standar akuntansi keuangan didalam negeri. Di setiap negara, penyebutan istilah standar akuntansi keuangan berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, penyebutannya menggunakan SAK – Standar Akuntansi Keuangan. Sampai dengan saat ini, ada banyak SAK yang telah diterbitkan dengan mengadopsi IFRS.

Secara detail, SAK di Indonesia terdiri dari: 42 Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), 20 Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), 11 Pencabutan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PPSAK), 10 Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (PSAKS), 1 Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP). Dengan adanya standar ini Tim Dosen Akuntansi Mengadakan Pengabdian Masyarakat di SMK NU Langgengsari Banjar pada 4 september 2018.

Pengabdian ini di laksanakanĀ  Oleh Tim Dosen Akuntansi yang terdiri M Rafki Nazar, Djusnimar Zultilisna, Edy Budiono, sebagai tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk memastikan pada masyarakat terutama pada SMK NU bisa menyusun laporan keuangan standar sebagaimana yang telah di tetapkan dalam SAK. Yang mana jumlah peserta sebanyak 50 siswa, dengan tingkat hasil menyatakan 90% sangat puas dan menyatakan 10% puas, atas pemaparan materi yang disampaikan selama pelatihan

 [:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *