PENDAMPINGAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, AUDIT KAP DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL BERDASARKAN PSAK 109 DI BAZNAS KOTA BANDUNG

PENDAMPINGAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, AUDIT KAP DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL BERDASARKAN PSAK 109 DI BAZNAS KOTA BANDUNG

Pada Senin, 15 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat secara offline yang diselenggarakan oleh tim dosen dari KK FAS Universitas Telkom dengan tema “PENDAMPINGAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, AUDIT KAP DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL BERDASARKAN PSAK 109 DI BAZNAS KOTA BANDUNG”. Masyarakat sasaran dalam kegiatan ini adalah Badan Amil Zakat Kota Bandung Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. 

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yang bertindak sebagai pemateri pertama Dedik Nur Triyanto, M.Acc. yang menyampaikan materi dari sisi Auditor Ekternal dalam mamberikan opini audit. Sedangkan pemateri kedua Dr. Hendratno yang menyampaikan materi dari sisi Auditor Internal dalam peningkatan sistem pengendalaian internal organisasi. Harapan dari kegiatan pendampingan ini adalah BAZNAS Kota Bandung mendapatkan opini audit Wajar Tanpa Pengecualian dari Kantor Akuntan Publik serta internal kontrol organisasi dapat diperbaiki lebih baik dengan memanfaatkan sumber daya Internal Audit yang sudah ada.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari unsur pengurus BAZNAS Kota Bandung. Selama kegiatan berlangsung paserta kegiatan sangat antusias dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri. Kegiatan ini juga dibantu dari mahasiswa Universitas Telkom yang menyiapkan dokumentasi dan peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan pengabdian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *