[:en]Kegiatan Pengabdian Masyarakat Juni 2018: Literasi Keuangan bagi Siswa SMPN 1 Cimahi[:]

[:en]Kegiatan Pengabdian Masyarakat Juni 2018: Literasi Keuangan bagi Siswa SMPN 1 Cimahi[:]

[:en] 

Cimahi, 5 Juni 2018

Berdasarkan survey literasi keuangan pada 2016, tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia hanya mencapai 29,66%. Artinya, kurang dari sepertiga masyarakat Indonesia tidak memahami dan memanfaatkan beragam produk lembaga keuangan. Pemahaman tentang produk yang ditawarkan oleh beragam lembaga keuangan sangat penting karena saat ini banyak penipuan yang mengatasnamakan investasi.

Dengan tujuan untuk berkontribusi terhadap peningkatan terhadap literasi keuangan masyarakat Indonesia, tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom yang tergabung dalam Financial dan Accounting Study Group memberikan kuliah singkat kepada siswa SMPN 1 Cimahi terkait produk dan cara kerja perbankan, dan peran LPS pada 5 Juni 2018.

Kuliah singkat tersebut diikuti oleh sekitar 300 siswa kelas 8 yang memang belum pernah memperoleh sosialisasi terkait dunia perbankan. Dalam kuliah tersebut dijelaskan produk perbankan yang banyak digunakan masyarakat, yaitu tabungan, beserta fasilitas yang dapat dinikmati jika menyimpan dana dalam tabungan seperti fasilitas ATM, internet banking dan mobile banking.

Selain itu dijelaskan pula pentingnya menempatkan dana di bank melalui program menabung guna membentuk sikap gemar menabung dan menghindari pemborosan. Peran Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dalam operasi perbankan juga dijelaskan sehingga siswa mengetahui bahwa menabung di bank aman selama bank tersebut menjadi anggota LPS.

Sebelum kuliah singkat ditutup terdapat sesi tanya jawab, dimana siswa dapat mengajukan pertanyaan seputar operasi bank. Minat siswa sangat tinggi dengan beragamnya pertanyaan mulai dari “bagaimana bank memperoleh keuntungan?”, “bagaimana jika ada bank yang tidak menjadi anggota LPS?” sampai pertanyaan “apa peran bank dalam sistem keuangan?” Beragam pertanyaan tersebut dijawab satu-persatu dengan mempertimbangkan tingkat pengetahuan siswa.

Pelaksanaan kegiatan literasi keuangan bagi siswa SMP yang dilakukan oleh tim Abdimas 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia.[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *