Literasi keuangan: Prinsip dalam Berinvestasi di Pasar Modal

Literasi keuangan: Prinsip dalam Berinvestasi di Pasar Modal

Pada kesempatan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, tim Abdimas FEB Universitas Telkom bekerja sama dengan Persatuan Sarjana Akuntansi (PSA) mengadakan acara sosialisi mengenai Prinsip dalam Berinvestasi di pasar Modal. Tim Abdimas FEB terdiri dari Dr. Leny Suzan, Elly Suryani MSi dan Dewa Mahardika MSi membawakan tema mengenai kesalahan yang dilakukan oleh investor pemula saat berinvestasi di pasar modal. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan literasi keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diharapkan masyrakat dapat memilih secara cerdas instrument keuangan yang dapat digunakan sebagai instrument perencana keuangan pribadi.

Dalam kegiatan tersebut dibahas mengenai peran influencer dalam menggerakkan saham. Influencer tersebut umunya tokoh masyarakat (artis dan penyanyi) yang memberikan rekomendasi saham tanpa adanya dasar analisis yang mendalam. Guna mencegah investor pemula untuk ikut menggerakkan harga tanpa analisis yang mendalam maka investor harus melakukan analisis baik secara fundamental dan teknikal.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang sebagian merupakan alumni Universitas Telkom dan sebagian mahasiswa tingkat akhir. Pelaksanaan acara dilakukan secara daring melalui Zoom dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Sebagai kelanjutan dari acara ini, maka tim abdimas berinisiasi untuk melanjutkan kegiatan literasi keuangan dengan tema yang berbeda namun masih diseputar investasi pada pasar modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *